TUGAS BAHASA INDONESIA
MENGIDENTIFIKASI BUTIR-BUTIR PENTING 1 BUKU NONFIKSI
PENULIS:
ABU UBAIDAH YUSUF BIN MUKHTAR BIN MUTHOHIR AS-SIDAWI
DISUSUN OLEH:
NAMA : AHMAD SAFUAN HAKIM
ABSEN:1
KELAS : XI MIPA 1

SMA NEGERI 1 PRAYA
2017

FOTO




NO
IDE POKOK
HALAMAN YANG DIBACA
1
MENJELASKAN PENYEBAB DAN TANDA TANDA DIKATAKANNYA SUATU HADITS ITU LEMAH ATAU PALSU
HALAMAN 27-37
2
PENJELASAN SERTA KOREKSI HADITS PEMBELAJARAN TENTANG AQIDAH DAN TASAWWUF
HALAMAN 38-51
3
PENJELASAN SERTA KOREKSI HADITS TENTANG MENUNTUT ILMU DAN TENTANG ULAMA
HALAMAN 53-60
4
PENJELASAN SERTA KOREKSI HADITS YANG MENJELASKAN THAHARAH
HALAMAN 62-65
5
PENJELASAN SERTA KOREKSI HADITS TENTANG ADZAN DAN IQAMAT
HALAMAN 66-70
6
PENJELASAN SERTA KOREKSI HADITS TENTANG BERBAGAI MACAM SHALAT SERTA MANFAAT,ATURAN DAN BEBERAPA DO’A
HALAMAN 72-96
7
PENJELASAN SERTA KOREKSI HADITS CARA MEMPERLAKUKAN JENAZAH DAN TENTANG KUBUR
HALAMAN 98-106
8
PENJELASAN SERTA KOREKSI HADITS TENTANG PUASA
HALAMAN 108-115
9
PENJELASAN SERTA KOREKSI HADITS TENTANG HAJI DAN TANAH SUCI
HALAMAN 116-121
10
PENJELASAN SERTA KOREKSI HADITS TENTANG PERNIKAHAN DAN PERCERAIAN
HALAMAN 123-130
11
PENJELASAN SERTA KOREKSI HADITS TENTANG KEUTAMAAN DAN PENGAMALAN ISI AL-QUR’AN
HALAMAN 132-134
12
PENJELASAN SERTA KOREKSI HADITS TENTANG MAKAN DAN PAKAIAN
HALAMAN 136-140
13
PENJELASAN SERTA KOREKSI HADITS YANG DATANG ATAU TERBENTUK KARENA KISAH-KISAH TERDAHULU
HALAMAN 141-145
14
PENJELASAN SERTA KOREKSI HADITS TENTANG FITNAH
HALAMAN 147-153
15
PENJELASAN SERTA KOREKSI HADITS TENTANG BID’AH
HALAMAN 155-159
16
PENJELASAN SERTA KOREKSI HADITS TENTANG AKHLAK DAN ADAB
HALAMAN 161-164
17
PENJELASAN SERTA KOREKSI HADITS TENTANG BEBERAPA HADITS YANG POPULER LAINNYA SEPERTI JIHAD, DUNIA, DAN AMALAN LAINNYA
HALAMAN 166-178













L A P O R A N
          Pada halaman 27 sampai 37 menjelaskan pentingnya sanad,kenapa suatu hadits dikatakan lemah,beribadah dengan hadits shahih,kebenaran makna hadits,percobaan bukanlah hujjah,tentang ilham dan ilmu hadits, menjelaskan bahwa hadits yang popular belum tentu shahih,bagaimana hadits lemah dalam fadhaa-il a’maal,bagaimana tanda-tanda hadits palsu, dan penyelesaian jika ada hadits yang membuat kita bingung maka kita harus kembali kepada kebenaran yaitu mencari penyelesaiannya di al-qur’an. Beberapa ilmu yang saya dapatkan di sini diantara lainnya yaitu seseorang yang menyampaikan hadits yang diketahui dusta maka dia adalah salah satu pendusta,hadits dikatakan lemah karena rawinya lemah,hadits palsu memiliki tanda-tanda seperti ucapan tersebut tidak menyerupai ucapan nabi Muhammad SAW.serta bertentangan dengan kaidah-kaidah umum yang paten dalam agama islam serta tanda-tanda lainnya.
          Pada halaman 38 sampai 51 menjelaskan tentang hadits yang berkaitan dengan aqidah dan tasawwuf yang berisi tentang koreksi hadits yang menyangkut pembahasan tentang hikmah penciptaan makhluk(“seandainya bukan karenamu(Nabi Muhammad),aku(allah) tidak akan menciptakan makhluk”)(maudhu’/palsu), nur Muhammad(“makhluk yang pertama kali diciptakan adalah cahaya Nabimu,wahai jabir!”) (tidak ada asalnya)  ,wahdatul wujud(“bumi-ku dan langitku tidak mencukupiku, dan mencukupiku hati hambaku yang beriman”) (tidak ada asalnya), tawassul dengan kehormatan Nabi Muhammad SAW(“bertawassullah kalian dengan kedudukanku,karena sesungguhnya kedudukanku sangatlah agung di sisi allah”)(tidak ada asalnya),mengenal jati diri adalah mengenal rabbnya(“barangsiapa yang mengenal dirinya,berarti dia mengenal rabbnya”)(tidak ada asalnya),bualan kaum shufi(“cukuplah pengetahuannya tentang keadaanku dari permintaanku”)(tidak ada asalnya),umur dunia (“dunia itu semuanya tujuh hari dari hari-hari akhirat,itulah firman allah,’sesungguhnya sehari di sisi rabbmu adalah seperti seribu tahun dari tahun-tahun yang kamu hitung”)(maudhu), islamkah orang tua nabi ,Nabi Hidhir masih hidup,dan agama itu akal. Beberapa ilmu yang saya dapatkan di sini diantara lainnya yaitu saya mengetahui bahwa beberapa hadits pada pembahasan pada halaman-halaman ini yang sering sekali saya dengar ternyata ada yang lemah,palsu,serta ada pula yang tidak ada asal usulnya beserta penjelasan kenapa hadits tersebut dikatakan seperti tersebut.
          Pada halaman 53 sampai 60 menjelaskan tentang  hadits yang berkaitan dengan ilmu dan ulama yang berisi tentang koreksi hadits tentang menuntut ilmu walaupun ke cina, menuntut ilmu bagi muslimah,menuntut ilmu sampai mati,meraih kesuksesan dengan ilmu,ulama umatku seperti para Nabi Bani Israil,kebaikan ulama dan umara’,ulama lebih berat dari pada ahli ibadah,semua orang mati kecuali ulama,dan hadits belajar di saat kecil. Beberapa ilmu yang saya dapatkan di sini diantara lainnya yaitu saya mengetahui bahwa beberapa hadits pada pembahasan pada halaman-halaman ini yang sering sekali saya dengar ternyata ada yang lemah,palsu,serta ada pula yang tidak ada asalnya beserta penjelasan kenapa hadits tersebut dikatakan seperti tersebut.
          Pada halaman 62 sampai 65 menjelaskan tentang hadits yang berkaitan dengan Thaharah yang berisi tentang koreksi hadits tentang kebersihan sebagian dari iman,do’a setiap anggota wudhu’,dan hadits wudhu’ lagi adalah cahaya. Beberapa ilmu yang saya dapatkan di sini diantara lainnya yaitu saya mengetahui bahwa beberapa hadits pada pembahasan pada halaman-halaman ini yang sering sekali saya dengar ternyata ada yang lemah sekali, dan tidak ada asalnya beserta penjelasan kenapa hadits tersebut dikatakan seperti tersebut.
          Pada halaman 66 sampai 70 menjelaskan tentang hadits yang berkaitan dengan adzan dan iqamat. Hadits yang dikoreksi diantaranya yaitu hadits tentang adzan tatkala lahirnya bayi,shalawatan antara adzan dan iqamat,paling berhak untuk iqamat,dan menjawab “ash-shalah khairun minan naum”. Beberapa ilmu yang saya dapatkan di sini diantara lainnya yaitu saya mengetahui bahwa beberapa hadits pada pembahasan pada halaman-halaman ini yang sering sekali saya dengar ternyata ada yang maudhu’,lemah,dan tidak ada asalnya beserta penjelasan kenapa hadits tersebut dikatakan seperti tersebut.
          Pada halaman 72 sampai 96 menjelaskan tentang hadits yang berkaitan tentang shalat. Hadits yang dikoreksi diantaranya yaitu hadits tentang shalat hari-hari tertentu,shalat alfiyah  nishfu sya’ban, shalat raghaa-ib rajab, shalat hafal al-qur’an, shalat birrul walidain, shalat akan bepergian, shalat malam hari raya, shalat arba’iin, shalat pencegah kemunkaran, dosa ngobrol di masjid, dilarang bicara ketika khutbah, lupanya rasulullah, bagi tetangga masjid, menarik dari shaff, shaf untuk anak-anak, terbiasa di masjid, shalat tiang agama, cerah dengan shalat, qunut shubuh, jauhkan anak dari masjid, sifat shalat wanita, do’a sujud sahwi, do’a shalat dhuha. Beberapa ilmu yang saya dapatkan di sini diantara lainnya yaitu saya mengetahui bahwa beberapa hadits pada pembahasan pada halaman-halaman ini yang sering sekali saya dengar ternyata ada yang lemah/dha’if, palsu, maudhu’,tidak ada yang shahih (hadits shalat hari-hari tertentu), munkar, bathil, serta ada pula yang tidak ada asal usulnya beserta penjelasan kenapa hadits tersebut dikatakan seperti tersebut.
          Pada halaman 98 sampai 106 menjelaskan tentang hadits yang berkaitan tentang jenazah dan kuburan. Hadits yang dikoreksi diantaranya yaitu hadits tentang talqin surat yaasiin, talqin setelah mati, baca surat yaasiin di kuburan, berbangga dengan kafan, kafan wanita beda dengan pria, adzab kubur terputus, malaikat izra’il,dan ziarah kubur nabi,. Beberapa ilmu yang saya dapatkan di sini diantara lainnya yaitu saya mengetkahui bahwa beberapa hadits pada pembahasan pada halaman-halaman ini yang sering sekali saya dengar ternyata ada yang lemah/dha’if, palsu, maudhu’, munkar beserta penjelasan kenapa hadits tersebut dikatakan seperti tersebut.
          Pada halaman 108 sampai 115 menjelaskan tentang hadits yang berkaitan tentang puasa. Hadits yang dikoreksi diantaranya yaitu hadits tentang keutamaan bulan ramadhan, awal ramadhan adalah rahmat, sehat dengan puasa, do’a berbuka puasa, berbuka puasa tanpa udzur, tidurnya oran puasa, puasa awal dan akhir tahun, ramadhan bergantung pada zakat fithr. Beberapa ilmu yang saya dapatkan di sini diantara lainnya yaitu saya mengetkahui bahwa beberapa hadits pada pembahasan pada halaman-halaman ini yang sering sekali saya dengar ternyata ada yang lemah/dha’if, palsu, maudhu’, munkar beserta penjelasan kenapa hadits tersebut dikatakan seperti tersebut.
          Pada halaman 116 sampai 121 menjelaskan tentang hadits yang berkaitan tentang haji dan tanah suci. Hadits yang dikoreksi diantaranya yaitu hadits tentang haji dengan harta haram, wafat di tanah suci, tahiyyat baitullaah, melihat ka’bah adalah ibadah, do’a melihat ka’bah, do’a menyentuh hajar aswad, do’a setiap putaran thawaf. Beberapa ilmu yang saya dapatkan di sini diantara lainnya yaitu saya mengetkahui bahwa beberapa hadits pada pembahasan pada halaman-halaman ini yang sering sekali saya dengar ternyata ada yang lemah/dha’if, palsu, maudhu’, munkar beserta penjelasan kenapa hadits tersebut dikatakan seperti tersebut.
          Pada halaman 123 sampai 130 menjelaskan tentang hadits yang berkaitan tentang pernikahan dan perceraian. Hadits yang dikoreksi diantaranya yaitu hadits do’a pernikahan ali dan fathimah, empat kebahagiaan seseorang, miskin seorang yang belum nikah, jangan nikah kerabat, larangan ketika jima’, perceraian halal tetapi dibenci, jangan cerai. Beberapa ilmu yang saya dapatkan di sini diantara lainnya yaitu saya mengetkahui bahwa beberapa hadits pada pembahasan pada halaman-halaman ini yang sering sekali saya dengar ternyata ada yang lemah/dha’if, palsu, maudhu’, munkar beserta penjelasan kenapa hadits tersebut dikatakan seperti tersebut.
          Pada halaman 132 sampai 134 menjelaskan tentang hadits yang berkaitan tentang al-qur’an. Hadits yang dikoreksi diantaranya yaitu hadits tentang fashih mengucapkan huruf dhad, keutamaan surat yaasiin, keutamaan surat al-waqi’ah, surat al-fatihah, mengamalkan isi al-qur’an. Beberapa ilmu yang saya dapatkan di sini diantara lainnya yaitu saya mengetkahui bahwa beberapa hadits pada pembahasan pada halaman-halaman ini yang sering sekali saya dengar ternyata ada yang lemah/dha’if, palsu, maudhu’, munkar beserta penjelasan kenapa hadits tersebut dikatakan seperti tersebut.
          Pada halaman 136 sampai 140 menjelaskan tentang hadits yang berkaitan tentang makanan dan pakaian. Hadits yang dikoreksi diantaranya yaitu hadits tentang tidak makan sampai kenyang, do’a akan makan, do’a setelah makan, cincin akik, keutamaan sorban. Beberapa ilmu yang saya dapatkan di sini diantara lainnya yaitu saya mengetkahui bahwa beberapa hadits pada pembahasan pada halaman-halaman ini yang sering sekali saya dengar ternyata ada yang lemah/dha’if, palsu, maudhu’, munkar beserta penjelasan kenapa hadits tersebut dikatakan seperti tersebut.
          Pada halaman 141 sampai 145 menjelaskan tentang hadits yang berkaitan tentang kisah-kisah. Hadits yang dikoreksi diantaranya yaitu hadits tentang turun rahmat ketika disebut kisah, masyithoh/tukang sisir putri fir’aun, tsa’labah bin hathib, alqamah mendurhakai ibunya, kesetiaan istri pada suaminya. Beberapa ilmu yang saya dapatkan di sini diantara lainnya yaitu saya mengetkahui bahwa beberapa hadits pada pembahasan pada halaman-halaman ini yang sering sekali saya dengar ternyata ada yang lemah/dha’if, palsu, maudhu’, munkar beserta penjelasan kenapa hadits tersebut dikatakan seperti tersebut.
          Pada halaman 147 sampai 153 menjelaskan tentang hadits yang berkaitan tentang fitnah. Hadits yang dikoreksi diantaranya yaitu hadits tentang perselisihanumat adalah rahmat, fanatik golongan, perpecahan umat, taqlid ulama, cinta dunia, cinta itu buta, para penyesat akhir zaman. Beberapa ilmu yang saya dapatkan di sini diantara lainnya yaitu saya mengetkahui bahwa beberapa hadits pada pembahasan pada halaman-halaman ini yang sering sekali saya dengar ternyata ada yang lemah/dha’if, palsu, maudhu’, munkar beserta penjelasan kenapa hadits tersebut dikatakan seperti tersebut.
          Pada halaman 132 sampai 134 menjelaskan tentang hadits yang berkaitan tentang bid’ah. Hadits yang dikoreksi diantaranya yaitu hadits tentang bid’ah hasanah, perayaan maulid nabi, perayaan nishfu sya’ban, yasinan malam jum’at. Beberapa ilmu yang saya dapatkan di sini diantara lainnya yaitu saya mengetkahui bahwa beberapa hadits pada pembahasan pada halaman-halaman ini yang sering sekali saya dengar ternyata ada yang lemah/dha’if, palsu, maudhu’, munkar beserta penjelasan kenapa hadits tersebut dikatakan seperti tersebut.
          Pada halaman 161 sampai 164 menjelaskan tentang hadits yang berkaitan tentang akhlak dan adab. Hadits yang dikoreksi diantaranya yaitu hadits tentang peduli umat, diam itu hikmah, diam itu emas, surge di bawah telapak kaki ibu, melawan hawa nafsu. Beberapa ilmu yang saya dapatkan di sini diantara lainnya yaitu saya mengetkahui bahwa beberapa hadits pada pembahasan pada halaman-halaman ini yang sering sekali saya dengar ternyata ada yang lemah/dha’if, palsu, maudhu’, munkar beserta penjelasan kenapa hadits tersebut dikatakan seperti tersebut.
          Pada halaman 166 sampai 182 menjelaskan tentang hadits lainnya yang populer. Hadits yang dikoreksi diantaranya yaitu hadits tentang jihad besar, cinta tanah air, amal dunia akhirat, sahabat nabi bagaikan bintang, kefakiran penyebab kekufuran, lihatlah ucapan jangan orangnya, pahala anak kecil untuk orang tuanya, Abdurrahman bin auf merangkak, do’a tahun baru, tidur setelah ashar, dunia adalah taman, buah kesungguhan, dan wanita tiang negara. Beberapa ilmu yang saya dapatkan di sini diantara lainnya yaitu saya mengetkahui bahwa beberapa hadits pada pembahasan pada halaman-halaman ini yang sering sekali saya dengar ternyata ada yang lemah/dha’if, palsu, maudhu’, munkar beserta penjelasan kenapa hadits tersebut dikatakan seperti tersebut.
Jadi pembelajaran yang dapat saya simpulkan dari buku ini adalah kita harus mengetahui kebenaran suatu hadits sebelum kita melaksanakannya sehingga kita tidak salah dan tidak sia-sia dalam menjalani sesuatu yang kita niat baikkan.

Komentar

Posting Komentar